Topics :

Posts :

Nov 7, 2012

HTML, CSS dan PHP?

by Tinkerhell on Nov 7, 2012
1 comments
Kita umpamakan Website adalah sebuah rumah, maka HTML itu sendiri adalah jumlah atau isi dari setiap ruangan yang akan kita bangun, sedangkan CSS adalah ukuran,tinggi,warna cat, bentuk,dan dekorasi yang lainnya. Dan PHP adalah hal yang berkaitan dengan kegiatan mekanis.

Bahkan mungkin anda yang sedang membaca artikel ini. Penting hukumnya bagi pengembang web pemula untuk memahami hal mendasar seperti pengertian dan istilah-istilah dalam web. bukan dalam artian secara harfiah saja, tapi lebih pada pemahaman mendalam, karena bagaimanapun dan pada posisi apapun kita bekerja(dalam bidang web developer), pada akhirnya kita akan tetap terhubung dan berkomunikasi dengan orang lain.
Contohnya jika anda seorang designer web, bukan berarti anda tidak harus tahu dan tidak peduli tentang web programming. karena keduanya adalah hal yang saling terkait dan berhubungan pada prosesnya nanti, jadi minimal anda harus paham hal dasar seperti pengertian dan fungsi dari masing-masing program tersebut.

Untuk mempermudah, saya akan mencoba menjelaskan perbedaan HTML,CSS dan PHP tersebut ke dalam contoh yang lebih sederhana.

Kita umpamakan Website adalah sebuah rumah, maka HTML itu sendiri adalah jumlah atau isi dari setiap ruangan yang akan kita bangun. Misal : saya hendak membangun 4 kamar tidur dengan kamar mandi pribadi di masing-masing kamar, 2 kamar mandi tamu, 1 dapur, 1 garasi, 1 ruang makan dll.

Sedangkan CSS adalah ukuran,tinggi,warna cat, bentuk,dan dekorasi yang lainnya. Misal : saya ingin mewarnai cat untuk kamar anak adalah berwarna cerah, yaitu putih laguna, dan biru muda, sedangkan untuk dapur adalah warna putih, bentuk dari semua kamar adalah kotak, dengan ukuran masing-masing kamar adalah 4x8meter dengan tinggi masing-masing kamar 12meter.

dan PHP adalah hal yang berkaitan dengan kegiatan mekanis, seperti misalkan bagaimana pintu tersebut dapat dibuka dan ditutup, bagaimana jendela tersebut bisa dibuka, membuat ruangan tetap dingin dengan dipasang AC. membuat ruangan tetap bersih dengan menyewa pembantu rumah, kelistrikan dll. Sampai sini apakah anda sudah bisa membedakan ketiganya? sudah ada bayangan?

Lantas yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, apakah ketiganya saling berkaitan dan saling berhubungan? bagaimana jika salah satu dari ketiganya tidak ada?

Coba anda bayangkan, bagaimana sebuah rumah jika tidak memiliki bentuk dan tinggi, apakah rumah tersebut masih bisa didirikan? ya.. mungkin saja si pemilik rumah bisa menempati lahan kosong tersebut dengan segulung tikar dengan sebuah bantal. tapi apakah hal tersebut mungkin dilakukan? bagaimana si pemilik rumah terhindar dari panas terik, hujan, dan bahkan mungkin tak akan ada seorangpun yang sudi untuk bertamu ke rumah tersebut. ya kan?!
dan apakah mungkin juga jika sebuah rumah tidak memiliki pintu? tentu sampai sini anda sudah bisa menjawabnya.

Namun satu hal yang harus anda ketahui lagi yaitu untuk bahasa program yang digunakan, anda tidak diwajibkan hanya menggunakan bahasa PHP saja, karena banyak sekali bahasa-bahasa yang lain yang bisa anda pakai, seperti misalkan Ruby, ASP dll.

1 comment:

Hey,

it seems you want to contact me. If you want to hire me, you might want to go to my portofolio page. Please get in touch with me if you want to talk with me about a project, about working together, want me to speak at a conference or want me to do a workshop. Please bear in mind my few but important guidelines, so both of us will have a great time working together.

Cheers!
Husein Bandi

Mail Me

Contact Form

Name
Email
Message

recomended reading

recomended book

dont't make me thing

by Steve Krug
Price: IDR 50.000
ISBN: 978-979-024-614-0

Contributors